9/29/12

Cuma bisa menangis untuk AKK

AKK ku ada tiga orang.. 2 Diantaranya adalah juniorku di Sastra Inggris yaitu Alvin Steviro yang biasa dipanggil Stev dan Jusfrandy Nicolas sering kupanggil Nick. Mereka berdua angkatan 2011. Dan seorang AKK yg lain? Dia lah Pandya Narendra Soejoedi. Dia angkatan 2010 dari jurusan Belanda.

Mungkin judul itu udah bisa menjelaskan apa yang sedang kurasakan untuk mereka. Intinya, aku merasa tidak ada untuk mereka. Maksudku, tidak benar2 ada. Sepertinya Tuhan sedang menajamkan persekutuan ini, atau.. entahlah.. Sebenarnya Kelompok Kecil ini udah mengalami kendala sejak awal kami berkumpul. Pandya dengan gamblangnya menceritakan kondisi keluarganya padaku. Hal yang  mengharukan untuk orang yang sering mengecewakan keluarga seperti diriku. Waktu itu, kalo gak salah setelah PIPA 1 di tahun 2011, Pandya gak langsung pulang, tidak juga meminta waktu ku untuk tinggal lebih lama, yg sebenernya aku lagi buru2 krn ada latihan PSPO, tapi entah kenapa aku mau duduk lebih lama disitu sekadar 'PDKT' dengannya. Dan bener, ceritanya mengalir, dengan begitu terbuka, aku yang terheran-heran dalam hati mendengarkan tiap kata yang dia keluarkan. Dia menceritakan kondisi dirinya, orangtuanya, kakak dan adiknya, kondisii keluarganya. Maaf kata, aku memliki keluarga yg tidak terlalu baik untuk jadi panutan dan aku selalu malu untuk cerita ke orang baru. Tapi, masalah Pandya bagiku jauh lebih runyam dan berat dibandingkan masalahku, aku heran dan langsung bertanya "Kok berani cerita ke aku dek?" Dia balik nanya "maksudnya kak?" Aku yg makin bingung cuma bisa polos bilang " Ya.. kok bisa cerita hal seperti itu? Kan baru kenal.." Inilah jawabnya, "Kan lo PKK gw kak.."

Dalam hati, saat itu seorang yg kaya gw yang biasanya sangat sulit percaya pada orang baru krn dulu sahabat saja pernah berkhianat, sangat tersentuh dan sedikit demi sedikit berubah, meeennn speechless. Yes I was! Gatau mau ngomong apa. Sesederhana itu untuk bisa bikin gw berubah untuk bisa lebih terbuka dengan orang2 baru. Karena itu selanjutnya gw berpikir, mereka aja percaya dan terbuka ke gw.. Kenapa gw harus sok gak punya masalah?!

Ya, aku sadar kalo relasi yang sedang kubina dengan mereka butuh yang namanya keterbukaan dan saling percaya. Sulit memang di awal, bahkan sampai sekarang, tapi aku mau berusaha, so that it wouldn't be a fake relationship..

Itu hanya segelintir cerita haru yg bikin gw makin mengasihi mereka sebagai saudara rohani. Sampai sekarang, gw mulai kenal mereka dengan lebih baik.. Baik cerita dari orang ataupun dari hasil pantauan diam-diam alias stalking :D

Tapi aku gak mau membiarkan hanya analisis tanpa konfirmasi itu yang kuandalkan untuk mengenal mereka, pastinya aku lebih ingin nmengklarifikasikan pantauanku ttg mereka. Aku banyak ngobrol diluar jadwal kami Kel Kecil. Aku sering mengirimi mereka sms ttg ayat2 Alkitab dan memotivasi mereka ttg ini itu. Hahaha, tapi ironisnya ketika mereka punya masalah, bacotku terhenti dan gak bisa bantu mereka. Apapun.

Akhir2 ini, aku makin mengenal mereka, atau lebih tepatnyaa, kami saling kenal.. Mereka juga sedikit demi sedikt tahu kondisi keluargaku yg selama ini kututupi.. Relasi itu kian terbentuk, hanya sekarang aku pun makin sadar, bahwa mereka juga butuh pembina yang 'sejenis' dengan mereka. Let's say 'Gender is still working even for the gender activist like me'. Makin ironis.. Ya, ada bagian2 hidup pria yang gak bisa ku masuki. Aku akuin aku gak bisa mengakomodir kebutuhan mereka itu. They need a close friend, I mean brotherhood, not sisbrohood.. :(

Pandya's problem is getting more complicated. He needs more than motivations. He needs a practical or real meaning of Christian community. Tapi aku lagi2 gak bisa bantu. Aku cuma bisa nabung dari uang jajanku biar bisa terkumpul dan paling ngga.. Ahh.

Aku meraasa gagal, dan lebih parah lagi ketika mendengar dari Kare dan Melin yg ngelapor kalo Senin lalu sehabis aku, Nick dan Stev Kel Kecil, di tempat yang sama persis, Pandya malah berteman dengan barang perusak jantung dan paru2 manusia itu. Hancur perasaanku waktu mendengarnya. Tapi aku bersyukur gak di depan mata melihat hal itu. Mungkin aku juga (lagi-lagi) gak bisa ngapa-ngapain kalo ngeliat dia gitu. Aku, makin malu..

Tadi aku konfirmasi ke dia kenapa dia harus melakukan itu, dan gak ada jawaban yang benar2 menjawab selain dr kesimpulan ku sendiri kalo dia butuh temen dan bener2 lagi suntuk.. Aku ikutan makin suntuk,makin emosi kenapa gak ada lowongan pengajar daripada dia harus jaga perpus pusat yang duitnya gak seberapa. Ah boy.. you're a brilliant kid! You deserve more than money! Behold, what I can do for you? Nothing but write nothing here..!

Ditambah lagi AKK ku yang masih bergumul di dosa yg sama (lagi-lagi ini pantauan ku) Dan diperkuat dari pernyataannya via sms. Hah.

Aku cuma bisa menangis dalam diam. Menangis dan berdoa, agar kalaupun bukan aku yang menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk mereka, there are invisible hands that will help them. Huh, I just can believe that He is still working through everything. Now, I have nothing but faith.

Fight with faith for this discipleship.. 

AKK ku, Stev, Pandya dan Nick, kalau aku bilang "aku mengasihi kalian" bisa saja itu bohong atau waktunya tidak akan lama, tidak abadi. Lalu, saat aku bilang "aku akan mendoakan kalian selalu" itu pun hanya bualan.. Tapi, untuk yang satu ini aku tidak membual, kalian harus percaya dan terus ingat, bahwa Sosok itu selalu setia dan ada untuk kalian.. Dia lebih besar dari apa yg kita hadapi, Dia jauh lebih perkasa dari kekuatan dan kekuasaan yang kita miliki.. Kalian harus percaya itu.. Manusia dan dunia ini mengecewakan, dek, tapi Tuhan Yesus tidak..
-Dengan kasih, dari PKK kalian yg paling lemah, Angel RES-

9/25/12

Hari ini gak ada PI (phew(?))

Entah kenapa taku bgt sama mata kuliah yang satu iti, Penulisan Ilmiah. Mungkin karena dosennya?  Sebenernya Ms.Sophisticated Minded ini oke punya, tapi tapi gw lagi gak siap banget kayanya. Intinya penyeslan akan semseter2 yang gak gue nikmatin sebelum2nya.. Haaahh..
Nanti dilanjutin ah..

9/18/12

Hari ini sudah mulai Kelompok Kecil lagi.. :")

Waaahh akhirnya, semester ini udah bisa kelompok kecil lagi :") aaahhhh Sayangnya tadi bener2 aku telat karna tidur.. (Kayanya faktor berat bada naik jadi kepengen tidur mulu) Gawat banget nih emang.. Takutnya lama2 gak kekontrol, pengen lari pagi gak kesampean terus.. Jadi berimbas ke segala hal deh..
Tadi aku membahas "DOA" denganmereka. Gak langsung masuk bahan sih krn aku pikir kalau pertenuan pertama bakal boring kalo langsung bahan. Makanya bahas dengan pendapat dan kesaksian pribadi dulu, maklum posmo, kecenderungannya adalah audio dan visual.. Jadi kalo disuruh bahan dari MHB, pastinya mereka gak konsen, malah tadi payung rruameeekk banget.. Minggu depan rencanaya aku mau traktir mereka makan di Berkat, biar ada suasana yang beda.. Semoga aja ada uang sisihan.. Amin.
Sekian dari aku, besok mata kuliah paling mengancam nih, hiks. Doain biar makin ok deh, aku semacam gak kuat :"(
Semoga bisa menikmatinya. Amin.. Gbu!

9/13/12

Hari ni aku menjawab "YA" (edisi 1)

Kenapa ada embel2 edisi 1? Karena baru kali ini panggilan pelayanan yang bs dengan segera terekam atau kutuliskan.. :) Berharap untuk penjawab "ya" lain yang akan terucap selanjutnya bisa kutuliskan juga..

Tadi sekitar pukul 4 sore kurang, bersama Bang Andrew aku mengatakan iya.. Etss.. iya untuk melayani di PSPO lhoo.. Sebagai koordinator. Kalau diingat2, sempat juga loh bahkan dulu sebelum jadi pengurus, aku mengkhayalkan diriku sebagai ketua komunitas ini, Dan hari ini, hmm bisa dibilang terwujud. Semoga jawaban itu bukan berasal dari kedaginganku, tapi memang Tuhan yang mengingankan aku untuk melayani Dia. Lagia gak beda jauh kayanya jadi koordinator atau pengurus. Benar2 tidak berbeda jauh..

Aku bergumul lebih dari 2 minggu ini.. Benar2 pergumulan yang tidak mudah.. Banyak hal yang menjadi pertimbangan. Beda dengan pergumulan2 sebelumnya. Kalaupun aku berkata "iya", tau gak belum apa2 udah ada aja yang menggoyahkan dan menyedihkan hati loh.. Seakan2 emang aku gak dibolehin.. Sulit utk diungkapkan kenapa itu bisa terjadi dan apa yang kumaksud. Biarlah itu jadi memori hari ini aja..

Aku cuma berharap, apapun yang kulakukan semuanya sesuai dengan kehendak Tuhan. Amen..

9/12/12

Nubuatan tentang gak pernah lengkap akhirnya kesampaian

Nubuatan tentang Panitia Pusat 2012 yg gak pernah lengkap akhirnya kesampaian juga :)) Ya gimana nggak. Orang2 yg kepilih kan emang orang2 yg super sibuk.. Kemaren kan ulang tahunnya Astri.. Aku, Lifung, Jane dan Amel ngasih surprise utk dia. Sebenernya jadi gak surprise, karena Aci, nama kesayangan untuk Astri dr kami, udah bisa menduganya. Emang pede luar biasa deh temen2 gw itu -__- Dan ternyata kosannya dia itu sama kaya si Boll. Mak, akupun mampir ke kosannya Boll. Pas banget aku nyampe depan kosannya, pintu kosan terbuka, si bulat itu muncul dengan perkakas kebersihan.. Lagi bersih2 rupanya.. Aku inget kalo dia gak pernah memperbolehkan siapapun masuk kalo dia lagi bersih2, makanya aku ngintip aja dari mulut pintu dan ada Cindy, adiknya maba UI juga jurusan Farmasi. Memang niat hanya menyapa, maka akupun kembali lagi ke kamar Aci. Tapi sebelumnya aku sempat menanyakan evaluasi penmaru. Dia mengabarkan kalo evaluasi per bidang aja dulu. " Besok Pascal ke Bali, trus dr tgl 19 September sampai akhir September Si Kicci yg pergi entah kemana.." Ah mendengar itu, akupun kembali menyesali nasib Panpus yg gak pernah ngumpul lengkap :( Gak bakal kesampean deh foto studio bareng Panpus.. Haaaahhh..

Btw, aku pernah janji untuk cerita tentang perorangan tim kerja ku ini kan.. Hehehe.. Belom kesampean juga. Hmm.. sekarang siapa yah.. Okelah, entah kenapa dr tadi aku kepikiran si bontot di Panpus, Prisca Sanny, jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat angklatan 2010.

Dia merupakan temanku kalo pulang naik bis 84 krn rumahnya di Kelapa Gading. Anaknya terlihat sederhana, bukannya rasis, si Sanny keturunan Chinese, tapi gak pelit loh, hhehee.. tapiiii tetep rada itung2an kok, hehehehehuahahi.. Aku lupa pas kasus apa, tapi yang jelas saat itu dia menunjukkan ciri nya yg satu itu :)) Tapi itu bagus lho.. aku jadi belajar utk gak boros dan sederhana kaya dia. Sederhana bgt anaknya..

Ini anak juga cenderung banyak berbicara, bukan berarti gak banyak bekerja loh, hanya, orangnya sistemastis sekali, bahkan ketika berbicara, jadi hal yang seharusnya simple, lumayan agak rumit, hwheheheheh, Aku gak mnegeluhkan keunikan nya itu kok :) Dia teman yg baik, biarpun cenderung suka ngobrol tapi entah kenapa dia juga seorang pendengar yang baik. Ok banget kan. Aku belajar banyak dr anak ini. I feel comfort to tell her abt anything.. Btw, dia ini Advent, makanya agak sulit utk berhubungan dengnnya mulai Jmat sore sampe Sabtu sore.. But, once more, it's really ok.. Dari situlah aku makin banyak belajar tentang toleransi, kalo bahasa PO UI nya, kesatuan dan kedewasaan :) Banyak hal yg aku dan dia ceritakan, terutama kesamaan kami utk hal 'bukan jurusan semula' :p sama2 menguatkan utk  menikmati perkuliahan ini, dan bersedia 'terjebak' dalam pelayanan, heheheheh. Yg menjadi karakter utama Sanny di panpus ini adalah, she is a vegetarian.. Selama masa Panpus, aku banyak mendapat pencerahan mengenai berbagai macam tentang makanan yg higienis dan juga sehat pastinya. Sempat waktu itu parno krn ternyata makanan yg kumakan dengan sembarang, setelah dionfirmasi oleh Sanny, ternyata itu gak sehaatt.. Oh meenn..  Pernah suatu malam, Aku, Kak Pascal dan Sanny makan malam di Kutek. Sebenernya cuma si Kak Pascal sih, kami hanya nemenin aja.. Aku dan Sanny mesen jus mangga. Pas jus nya udah nyampe, sebelom aku mencicipinya, si Sanny berkomentar ttg jusnya "Ih ada cacing rambut" Ok, otomatis perhatian ku teralihkan dan agak enggan untuk meminum jus yg belom sama sekali kuminum.. "IYUUUHHH gimana dong San..." tanyaku, Sanny cuma bilang "Gak papa kok kak, malah kalo usus kita terlalu bersih juga gak baik.." dan apapun.. dan apapun.. dan apapun.. huaaaahhhhhhh gak konsen, gak ngerti lagi deh sama si Sanny ini.. >.< Tapi krn sayang uang akhirnya akupun minum hehehehe... Dia sering berdebat dengan rekannya, Pascal utk urusan makanan, Pascal yg pemakan segala merasa kalo makan sm Sanny jadinya parnoan, tapi tetep aja dia makan banyak.. -___-

Eventually, Sanny menjadi PKK misi di FIB, krn PKK FKM yg berlebih utk Maba 2012. Semoga persabatan dengan perempuan sehat ini gak pernah selesai :)

Orang selanjutnya yah si Pascal aja lah yah, biar gak jauh2.. Dia ini mahasiswa FE angkatan 2008, sok misterius, padahal mah murahan, wakakakak.. Nggak deng.. Kak Pascal ini anak TP2 juga, apa yg bisa kuceritain ttg dia yah, pastinya seneng ketawa, karna di awal aku ngobrol langsung aja anaknya asik kok.. Kalo gak salah pas latihan perdana persiapan PHP pelayan, waktu itu dia jadi pelayan (gitaris)

Aku lanjut nanti yah guys.. Aku mau ngerjain tugas..

9/8/12

Hari ini Wisuda angkatan 2008 (Mayoritas)


Hari ini meripakan hari bersejarah bagi teman2 angkatan 2008 atas usaha mereka selama 4 thn di Universitas Indonesia karena hari ini mereka diwisuda di Balairung. Teman2 ku yg anak luar Jakarta sudah mulai sibuk sejak bbrpa hari lalu bertemu dengan orang tua mereka, mengambil toga di rektorat dan harus berkali2 kembali kesana karena toganya habis dll.. Hmm, aku kepikiran untuk tahun depan. Semoga aku mengalami kesibukan yang sama dengan mereka tahun depan. Ya tahun depan. SSemoga saja. Aku harus yakin. AAku harus bekerja lebih keras. Aku beruntung karena kau punya opsi untuk gak skripsi, tapi aku gak mau berubah pikiran lagi. Aku harus skripsi. Aku mau mendengarkan bapak kali ini :)
Terus, barusan aku ikut Persekutuan Jumat pertama semester ini. MC nya Hanna Cina 2010. Pemusiknya Ina Belanda 2009 sebagai keyboardist dan Hendra dr Cina 2010 sebagai gitaris. Aku tadi juga melayani, sebagai solois utk saat teduh menyanyikan lagu "Arti KehadiranMu". Lagu itu merupakan lagu bsru utk ku. Baru bbrp hari lalu mendengan dan belajar baru dari kemarin pagi.. Sejujurnya, kurang bs menikmati, karena nada dan melodinya (yah kira2 sperti itu) gak cocok utk warna suaraku. Hehheh.. Aku lebih suka lagu yg dinyanyikan pake power, sementara kalo saat teduh kan butuh suara yg adem-ayem.. Gatau deh td jemaatnya pasda menikmati atau ngga heheh.. Aku tadi berserah penuh deh sm Tuhan. Krn aku tau aku bukan penyanyi solis, tp padus :) Yes, that's me. Kurasa orang2 pun udah tau ID ku yg itu, aku bukan penysnyi soloist, aku udah terlalu identik dengan PSPO. Dan diriku sendiripun jadi agak kagok kalo diminta jd soloist.. However, I've given my best, I know and I can feel it. 
Tadi diakhir ibadah ada 2 AKK ku, Pandya dan Nick. Ornag2 masih amazed sama penampilan baruku; rambut di-layer, dan berponi :))
Nih kalo mau liat :)
Nah kalo muka dulu tuh gini.. Fyi, hampir 3 tahun aku gak berponi, jadi mungkin wajar orang2 pangling. Si Arga tadi bilang "gak kenal gue.. lebih cewe sekarang" Dan komen2 lainnya..



Sama aja yah?! Hehheehhe
Udahan ah isengnya. Sekarang aku lagi di Payung Gd 1 FIB, nungguin kepastian dr Mita ttg kerja kelompok DDPU. Aku sebenernya prefer utk kerja via inet, soalnya mau ke wisudaan nih.. Tapi gak enak juga kalo gw gaikutan.. Ohya, tadi aku mau cerita ini.. Setelah ibadah aku nemuin Nick, ngobrolin ttg kedepannya Kelompok Kecil kami. Dia dan Pandya paling bisa Jumat, tapi Stev malah gabisa karna full dihari Jumat :( Ah sulitnya mengatur jadwal ini.. Aku mohon Tuhan, biarkan ada waktu untuk kami Kelompok Kecil... :(
Aku juga ngobrol ttg pelayanan Nick, dia bilang dia jd MC utk semester ini. Dia bilang dia ga siap jd MC, krn gak pernah, utk dengan bujukan2 dia akhirnya mau :) Aku rindu anak2 itu untuk bertumbuh dan menikmati kampus ini.. Semoga mereka makin digelisahkan untuk hal2 itu..

Tinggal Apipa ku nih.. Takutnya gak terjangkau.. huhuhu
Tapi aku yakin, kalo semangat, Tuhan pasti berkenan utk menjangkau mereka, sekalipun terlihat mustahil atau mereka terkesan tidak ingin dijangkau..

Tuhan, lihat anakMu..Aku ingi melayani Tuhan dengan semampuku.. Pakai aku.. Bantu aku ya Tuhan..

9/5/12

Lanjutan yg kemarin.. "Bandung; sebelum menjadi kenangan yg terlupakan.."

Nah sehabis makan di Solaria, kami pun melanjutkan perjalanan menuju Lembang.. Tempat pertama yg kami tuju adalah pondokan yang memang sudah kami rencanakan utk kami pesan selama di Lembang. Namun, setelah melihat kondisi pondokan yg sebenarnya cukup utk kami ber-10, kami memutuskan utk tidur di mobil saja, karena tanggung utk memesan kamar yg hanya dipakai utk 5 jam aja. Hahaha, dassar perhitungan semua deh..

Terus, kami melanjutkan perjalanan ke Sariater, tempat permandian air panas.. Sebelum mencapai tempat itu, kami singgah di sebuh tenda jagung bakar bernama "Tenda Biru". Kami memesan jagung bakar, si Bang Gilbert dgn anehnya memesan Nanas, yg lainnya memesan roti bakar atau indomie kuah.. Disana tempatntya lesehan, mana ada bantalnya segala. Kami pun membaringkan badan kami sejenak di tengah dinginnya udara dan sunyinya suasana.. Ahh, waktu itu terasa indah.. Kami beristirahat sejenak, tertawa bersama sembari menuturkan lelucon2 hangat ala panpus dan tebak2an tak logis yg membuat kami tidak bosan tertawa :")
Hahh, untuk moment2 itu, aku sangat mengucap syukur dan tak akan bisa terlupakan.. Baru kali ini dapat teman sekerja yang benar2 unik dan berkarakter berbeda satu dengan lainnya.. Mereka punya ciri khas masing2 yg luar biasa, baik atau kurang baik yg pastinya banyakan baiknya kok :)



Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan ke Sariater.. Tidur di mobil. Aku pindah ke jok paling belakang krn udah gak tahan bgt sama ngantuknya.. ZZZ.. Waktupun berlalu.. Jam 5 subuh kalo gak salah.. waktupun berlalu.. Entah siapa yg bangun lebih dulu, yg pasti bukan aku.. Aku sanagt malas utk bergerak bahkan utk menaikkan kelopak mata.. Tapi, pada akhirnya, krn sayup2 mendengar sudah ramai yg terbangun dan mengeluh akan dinginnya udara, maka akupun membangunkan badanku dengan paksa..
Singkat cerita, kamipun berendam di kolam rendaman selama kurang lebih 2 jam (include waktu mandi dan beberes sih itu) dengan berbayar 35 rb.. Wajah2 puas dikolam pemandian terpancar dari kami setelah hampir satu bulan full mengerjakan pelayanan yg melelahkan raga itu.. Hahaha.. Yahh manusawi, tetep lah capek ini badan, biarpun namanya pelayanan.. Terlebih setelah lelah dengan segala macam (satu macam aja sih sebenernya) wacana utk bepergian atau sekadar kesehatian bersama diantara kami, Panpus..

Setelah puas berendam2, mandi dll kami menuju ke jalan Pasteur dan beribadah Minggu di Gereja Kristen Immanuel.. Daaaann..habislah kami semua disana menahan kantuk tak terperi, baik sebelum ibadah dimulai, selama khotbah yg Pendetanya berteriak2 sampe keujung ibadah, kami berjuang melawan kantuk yg luar biasa.. Dosa luarbiasa semoga saja terampuni karena didalam ibadah itu juga kami mengikuti perjamuan Kudus.. Hah, pengalaman yg fantastis, Perjamuan Kudus rame2.. Gak pernah ada yg kaya gitu!

Sehabis itu, kami menuju ke Buah Batu utk santap siang.. Nama rumah makannya aku lupa apa, tapi yg pasti lagi2 lesehan, entah darimana bang Gilby tahu, mungkin krn udah biasa ke Bnadung jg sih, jadinya tahu tempat2 spt itu.. Si Bang Boll mengeluh krn perjalanan yg teramat jauh, macet dan jalanan sempit.. Hahahha.. Kasihan wanita perkasa itu.. Baru pertama kalinya ke Bandung udah jadi driver utama kami.. Hahh.. Emang hebat dah itu orang! Yg lebih kasihannya lagi, sampe di tempat makan itu ternyata dia gak gitu suka sama nasi merah yg disediakan.. Halah.. Nasib si Boll ini.. Macam lah!
Sehabis makan siang bersama, beberapa diantara dari kami (include gw) tidur lagi di situ.. Hauahahhaha.. Perjalanan itu emg sangat melelahkan karena dipake jalan mulu seharian.. Etss.. Belom sampe situ aja perjalanan kami.. ;;)

Menuju ke Ciwalk yg merupakan singkatan Cihampelas Walk.. Kami melihat2 oleh2 baju atau boneka yg mungkin bisa kami pakai bersama.. Disinilah sedikit insiden air mata terjadi. Ada kesalahpahaman antara kami yg menyebabkan hari itu agak cacat.. Hah.. Kalau itu biarlah menjadi kenangan yg terukir di ingatan tanpa perlu menorehkannya dalam kata.. Yang pasti, seperti yg kutuliskan sebelumnya.. Aku belajar unutk mendengarkan suara2 minor yg bermakna dan berdampak major.. Hah..

Tujuan terakhir.. Yak memang seperti tanpa habis perjalanan kami saat itu, ialah membeli oleh2 di toko kue Kartika Sari.. Aku sendiri gak membeli oleh2 apapu krn tahu dirumah akan banyak makanan. Dan voila! Emang bener kan dirumah bnyak makanan yg siap kuhabiskann.. :))

Jalan Pasteur malam itu padat, smentara malam perlahan menghampiri bumi.. Suara Kak Kristina untuk yg pertamakalinya tidak terdengar sepanjang perjalanan krn sehabis menangis itu.. Padahal topik yg sedang kami bahas yaitu Bang Gilbert, Kak Devi, kak Dedi dan aku adalah adat Batak (yg seperti biasa selalu kuremehkan) dan adat serta latar belakang Kak Dedy yg keturunan Tionghoa.. Yaaah, ada perasaan masih gak enak sih sm Kak Kici, namun ada perasaan lega juga dia gak join percakapan itu, krn pasti akanmendomminasi :p Selama perjalanan ternyata perut teman2 yg lain sudah mulai menujukkan kebolehannya bersuara minta diisi, sementara aku entah mungkin karena masuk angin dan terlalu mengantuk, tidak ingin makan.. Kami memetuskan untuk mampir makan yg lagi2 adalah Solaria di Rest Area....hmm aku lupa Km berapa..

Setelah mengisi perut, kami memabgi rombongan  mobil menjadi; yg diantar ke Jakarta di mobil Boll dan yg diantar ke Depok diantar Gilby.. Demikianlah sehabis mengantar Sanny kerumahnya di Kelapa Gading, maka akupun diantar pula kedepan rumahku.. Sementara Boll, Bang Jahotman dan Kak Chrisna masih berjuang mencapai Depok.. Hari itu sudah pukul 12.30 pagi.. Dimana hari pertamaku kuliah semester 7 yaitu tgl 3 September 2012.. Hah!

Kalo boleh kuceritakan sedikit mengenai mereka... (Panpus 2012)
Gilbert Prawira Sihombing, biasa dipanggil Gilbert, hanya kali ini di Panpus, dia mendapat panggilan baru yg lebih feminin, yaitu bang Gilby.. Hehehe.. Aku teringat temen SMA dulu yg punya nama Gilberta, dipanggil Gilby jadinya utk ketiga Tim Inti yg terdiri dr Kristina, Bella dan Gilbert, aku berikan mereka nama2 unik :)
Jadilah si Gilbert ini kupanggil Gilby dan menular ke banyak teman :))
Sewaktu awal pengerjaan Panpen ini, aku dan rekanku, Kak Gaby sangat mempertanyakan kehadirannya. Terkadang dia ada di rapat pleno, terkadang dia hilang entah kemana. Catatan yg digunakannya tidak menggunakan catatan yg telah dirapatkan bersama.. Hah, agak unik lah cara pandang si abang satu ini.. Salut sih.. Terlihat memang dia pintar.. Seiring berjalannya kerja di OBM, aku yg awalnya menghindari kerja sama secara dekat dengannya, bahkan pernah secara sembunyi2 menolak menjadi PJ satu lokasi OBM dgnnya, yaitu di FT, perlahan aku mendapati sifat yg berbeda dr Bang Gilby.. Ternyata Bang Gilby punya semangat pelayanan yg luar biasa di Panpen ini. Dia hadir sepagi yg telah ditentukan tiap harinya.. Dia estimasi ruangan, memimpin briefing dgn detail dan juga evaluasi.. Aku belajar banyak lah dr dia. Selera humor Bnag Gilby yg berbicara dgn sgt cepat ini pun lumayan juga loh.. Hahahha. Ada aja hal bisa diomongin kalo sama dia. Gak habis topik lah.. Waktu di warung Tenda Biru dgn begonya Bang Gilbert menjawab tebak2an "Aroun the world" yg harusnya nama negara jadi nama kapus yg melayani atau nama konsumsi yg diberikan ke maba
-___- emang rada2 sakit itu orang.. Yak, demikianlaha ttg pacarnya si Jeny Tarigan ini.. Semoga dia tetap menyenangkan..
Lanjut ke Tim Inti berikutnya, yg notabene sahabat seperjuangan saya dari kampus yang sama, Bella Marcellina Sandiata. Si bulat ini dikenal dengan ceritanya yg panjang lebar tanpa henti.. Dia dikenal juga sebagai orang yg sangat terbuka, makanya gak heran banyak orang yg senang berteman dengannya..
Hnaya, terkadang saya agak kurang sabar dengan sifatnya yg pencerita ini, seolah2 gak membiarkan saya membagikan perasaan yg sedang saya rasakan krn dia yg mendominasi dan jadi kurang peka terhadap pendengar2nya..

Guys.. udahan dulu yah.. Besok lanjut lagii hihihi
GBU

9/4/12

Bandung; sebelum menjadi kenangan yg terlupakan..

Hal2 indah yg dilalui tinggal menjadi kenangan ketika orang2 yg ada didalamnya berpisah dengan kita. Dengan demikian, setiap kebersamaan yg boleh saya miliki dan kerjakan, saya usahakan untuk menikmatinya bahkan mensyukurinya..

Hal ini berlaku pula untuk sahabat2 baru yang saya miliki saat ini, sahabat2 luar biasa, yang memiliki semangat luar biasa juga untuk melayani Tuhan. :") Saya belajar banyak dari mereka. Sya belajar banyak bagaimana elihat orang lain dari dekat bukan dari jauh, dari mata hati bukan sebelah mata.. Saya menyesal untuk satu hal; ini hanya berlangsung kurang dari tiga bulan.. Tapi kaya lagunya om2 Aerosmith deh, every moment spent with you is a moment I treasure.. Bener2 pengalaman yg luar biasa lah kerja bareng mereka..

Terus, Sabtu sore sampe Senin subuh, kami menghabiskan waktu bersama di sebuah kota penuh bunga.. Dan bagku, itu benar2 bunga yang indah, baik tawa dan air mata ada loh disana.. :")
Dan sebentar lagi, sedikit kisah itu akan kucoba tuangkan ke dalam template mungil ini agar ketika kumerindukan mereka, paling tidak masih tersisa kenangan itu..

Sabtu lalu, pagi2 aku bingung.. Nanti mau langsung berangkat dari 68 atau ngga yaahh.. Jadi, untuk kdua kalinya, aku diminta untuk jadi juri lomba VG yg diadakan oleh SMA ku, kali ini dalam rangka BazKom yg emang annualy event yg diadain sekolahku..
Acaranya mulai jam 9, tapi juri diminta datang jam 7.30. Otomatis aku tidak menyanggupinya, karena bangun yg dipastikan telat dan belom beres packingan untuk ke Bandung.. Yeay! Bandung! Hari itu aku bersemangat sekali untuk liburan ke Bandung sama temen2 Panitia Pusat Penyamutan Mahasiswa baru PO UI 2012. Pasti selalu ada cerita seru yang terjadi.. :3

Aku memutuskan untuk langsung membawa back pack ku ke SMA 68. Jadi,setelah penjurian, aku akan langsung ke kampus dan lanjut ke Bandung.

Tiba di SMA 68, dah bisa ditebak aku sangat sangat telat. Esther, panitia yg menghubungi ku langsung menghampiri di pintu tiket agar aku tidak perlu membayar tiket masuk. Maka, aku pun bergegas ke ruangan menemui rekan jurinya lannya yg juga temanku, yaitu kak Yosephine Pardede g biasa disap ka Yosi :D baru aja jadi alumni FH UI angkatan 2008. Suaranya bagus dan oke punya lah :D


Maka, setelah menjurikan (bahasa apa itu) 7 grup dari 7 SMA berbeda, maka aku dan ka Yosi segera menentukan juaranya. Aku lupa SMA mana :p

Akhirnya setelah ijin dengan panitia dan ada sesuatu yg 'cair' yg kuterima :p aku berangkat ke Depok dari stasiun Cikini. Sebenernya, agenda hari itu ditambah dengan Mabim di FIB.. Aku dipercaya jadi PPIPA lagi tahun ini.. Disuruh dateng sama Panitia Lokal Penmaru PO FIB nya.. Aku lihat jam, udah jam 2.30 padahal Mabimnya jam 2. Gatau deh sempet apa ngga, pasrah aku jalan kesana, yg penting dateng dan mendukung mereka. Ikut Evaluasinya ajapun yaudah lah.. Kutanya Kak Bella yg biasa kupanggil Bang Boll (krn perilaku anak FIB yg udah sulit dibedain entah laki entah pere :p fyi, ini hanya berlaku untuk orang tertentu) Eh tak tahunyaaaa..belom mulai loh ibadahnya..! Maka aku sempat untuk melihat adik2 yg dipercayakan padaku.. :))

Ada 3 orang anak; Andrea (Arkeologi), Suci (JIP) dan Dwita(Sastra Indonesia) :) Ketiganya manis dan baik.. Hanya, agak khawatir sm Andrea, karena sepertinya dia tidak begtu senang di FIB krn bener2 blank sm kuliah disitu, dan apa yg udah diambilnya semacam 'kecemplung' cuma bisa berdoa agar dia tidak terlalu menyesalinya dan meyakinkan bahwa Tuhan merencanakan yg terbaik untuk dia..


Setelah ikut eval ini itu maka aku menuju Lele Lela yg emang jadi meeting point kami.. Disana udah ada kak Amy (yg katanya paling pertama dateng) terus ada Ka Kicci, bang Jo, Kak Devi dan menyusullah kak Chrisna yg dianter Josua (padahal aku gak ngeliat). Dasar nih driver2 pengaret, udah dibilang ambil mobil jam 6 mereka malah jadinya ditunggu2in -__- mereka lah Bang Gilby dan Bang Boll.. Kami nungguin mereka sekita 5-10 menit yg datang dengan kendaraan rental Xenia dan Avanza. Xenia oleh Bnag Gilby sementara Avanza oleh Bang Boll. Kami sempet nunggu kabar dr ka Gaby yg lagi nunggu temnnya ngasih titipan, tapi ternyta temennya masih di Bandara, jadinya dia kami tinggal.. :"(

Kamipun lanjut masuk tol utk ngejemput Sanny si Bungsu :)) Dia udah ribet banget tuh karena dianter Papanya..

Pembagian orang dalem mobil sbb; Xenia ada bang Gilby, Kak Dedy, Kak Chris Kak Kici dan Sanny, dan lainnya di mobil Boll termasuk aku. Bisa dibayangkan betapa jomplangnya pembagian tersebut, kalo kata kak Chris "kami jadi pendengar yg baik di mobil itu bagi Kici" wakakakakaka.. Iya sih, tapi dari mobil Avanza sampai tiba di Bandung belum ada yg bersedia pindah mobil.. Bang Gilby pun gak keberatan, yaudah lanjut :p

Selama perjalanan banyak hal yg kami lalui, untuk maslah air mata, aku gak bercanda loh. Sempet ada insiden yg bikin 2 r kami nangis.. Yah pastinya cewek lah; 22nya sama2 kris.. Yg satu Chrisna dan yg satunya lagi Kristina.. Hehehe.. Sempet ad salah sangka gak enakan, perkara baju. Hah! Disana aku belajar kedewasaan dan gak terlalu banyak ngomong daaann juga memperhatikan suara minor. Intinya lebih perhatian sama temen..

Diawal perjalanan,masih penuh dengan semangat dan keceriaan pastinya.. Kami mampir di rest area untuk makan malam, aku lupa di Km berapa yg pasti disana beberapa diantara kami memesan makanan di Solaria dan menggoda ka Chris dan Bang Jo utk suap2an.. hahah ka Cris jd super periang gitu lah selama di panpus ini kami lihat.. Begitu juga pendapat para mantan Tim Inti Fakultas yg tergabung dalam Panpus ini.. Kak Chrisna yg dulunya super galak ternyata bisa juga digoda :)
 Kami melanjutkan perjalanan menuju Lembang dan mencari penginapan yg sebelumnya sempat kami bicarakan saat buka puasa bersama Jumat lalu di Solaria juga -_-
Setelah mengecek pondok tsb jam sudah menunjukkan pkl 12 tengah malam..


Guys.. Saya lanjutkan besok yah.. Doakan agar tidak selama ini untuk menulis perjalanan itu -__- banyak keputus gara2 social media nih. Hah. Gak fokus deh..